Rabu, Maret 30, 2016

Yaw Rate Sensor



Yaw Rate Sensor
Pengertian
            Yaw Rate Sensor adalah sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan sudut kendaraan  terhadap sumbu vertikal dalam derajat atau radian per detik untuk menentukan orientasi kendaraan pada jalur berkendara.

Prinsip Kerja
                Dalam istilah sederhana, Yaw Rate Sensor adalah komponen kunci dalam kontrol stabilitas atau electronic stability control sistem kendaraan. Yaw dapat didefinisikan sebagai gerakan dari suatu obyek pada sumbu vertikal. Yaw rate sensor menentukan seberapa jauh off-axis mobil yang "miring" pada pada saat digunakan menggunakan giroskop untuk memantau sudut slip, sudut antara kendaraan menuju dan arah gerakan yang sebenarnya. Informasi ini kemudian dimasukkan ke komputer kendaraan untuk mengevaluasi kecepatan roda, sudut kemudi dan posisi akselerator, dan, jika sistem indra terlalu banyak menyimpang dari jalur, maka gaya pengereman yang baik akan diterapkan secara otomatis.
                Dengan membandingkan Yaw Rate sebenarnya kendaraan ke Yaw Rate yang dituju, komputer on-board dapat mengidentifikasi apa yang terjadi kendaraan mungkin under steer atau over steer (kurang atau lebih-kemudi), dan menyiapkan tindakan penolong  yang harus dilakukan bila diperlukan. Tindakan penolong ini dapat berupa mengurangi tenaga mesin secara otomatis serta menerapkan rem pada satu atau lebih roda untuk mengurangi penyimpangan jalur.
Letak Yaw Rate Sensor
                Yaw rate sensor biasanya terletak di bawah pengemudi atau kursi penumpang, dipasang di papan lantai kendaraan untuk mempermudah dalam mengakses pusat gravitasi mobil. Setelah instalasi, kalibrasi umumnya diperlukan.


 
Penerapan Yaw Rate Sensor
                Pada umunya yaw rate sensor digunakan pada kendaraan yang memiliki sistem Electrnic Stability Control/Program (ESC/ESP) dirancang untuk membantu pengendara mempertahankan kontrol kendaraannya pada manuver kecepatan tinggi atau di jalan licin. Biasanya kondisi itu menimbulkan gejala oversteer atau understeer. ESC mengaplikasikan rem dan kontrol mesin untuk mengendalikan kendaraan tetap dijalurnya.


SUMBER:
http://mapelotomotif.blogspot.co.id/2015/11/materi-electronic-stability-control.html
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar